0351 2811531 stainumadiun@gmail.com
WORKSHOP METODOLOGI PERUBAHAN SOSIAL BERBASIS PARTICIPATORY ACTION RESEARCH (PAR)

WORKSHOP METODOLOGI PERUBAHAN SOSIAL BERBASIS PARTICIPATORY ACTION RESEARCH (PAR)

Madiun, 25 April 2019. STAINU Madiun sebagai salah satu lembaga Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam Swasta (PTKIS) di wilayah Kopertais IV Surabaya memiliki komitment yang tinggi untuk senantiasa mengembangkan kualitasnya dalam menjalankan tridharma perguruan tinggi. Salah satu bentuk pengembangan kualitas tersebut tersebut dibuktikan STAINU Madiun melalui upgrading keilmuan dosen-dosennya dengan langkah menyelenggarakan workshop metodologi perubahan sosial berbasis Participatory Action Research (PAR). Workshop yang digagas untuk membekali para Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) bagi mahasiswa STAINU Madiun yang hendak melaksanakan KPM (Kuliah Pengabdian Masyarakat) tersebut dibuka langsung oleh ketua STAINU Madiun Drs. H. Ma’sum, M.Pd. Workshop tersebut diisi oleh pemateri tunggal Dr. Muhammad Irfan Riyadi, M.Ag, seorang akademisi dan pakar sejarah sekaligus pegiat PAR yang telah banyak malang melintang dalam dunia penelitian utamanya dengan metodologi PAR.

Dipandu oleh Muhammad Muchlish Huda, M.Pd.I selaku moderator, workshop tersebut berjalan dengan lancar. Sejumlah dosen senior STAINU Madiun seperti Dr. H. Moh. Munir, Lc, M.Ag serta Drs. H. Isrofi, M.Pd.I juga turut serta ambil bagian sebagai peserta dalam acara tersebut. Workshop Metodologi Perubahan Sosial berbasis PAR STAINU Madiun mengambil tempat di Aula Utama NU Center Kabupaten Madiun. Dengan diadakannya workshop ini diharapkan pengetahuan dan horison dosen dalam bidang penelitian sosial akan semakin tajam dan luas sehingga akan menimbulkan dampak domino yang positif terhadap lompatan dan perkembangan konstruk berfikir analitis mahasiswa ketika nantinya terjun di lokasi KPM. Hal ini adalah sebuah keniscayaan mengingat problematika dan kompleksitas permasalahan yang dihadapi oleh masyarakat, utamanya masyarakat di daerah pedesaan dan pinggiran di era globalisasi ini semakin meningkat dan beragam. Mahasiswa STAINU Madiun melalui KPM berbasis Participatory Action Research (PAR) diharapkan mampu menjadi agent of change dalam mengurai kompleksitas permasalahan tersebut sekaligus mampu membolilisasi masyarakat untuk melakukan aksi-aksi perubahan demi mencairkan kondisi unconciousness dan social freezing yang latent terjadi di masyarakat.

Hal tersebut sesuai dengan semangat PAR yang dinamis bahwasannya PAR adalah riset sosial yang berbeda dengan riset sosial konvensional akademis yang melulu mengungkapkan temuan penelitian secara fenomenologis. PAR adalah riset sosial sekaligus aksi sosial secara terlibat tetapi keterlibatan peneliti dalam metodologi PAR hanya sebatas keterlibatan yang bersifat pendampingan terhadap masyarakat dan bukan keterlibatan yang bersifat aktif. Artinya, peneliti dalam paradigma PAR hanya sebatas sebagai penggerak sehingga ketika peneliti meninggalkan masyarakat, masyarakat tersebut tetap memiliki kemandirian untuk terus dan senantiasa bergerak dengan mengandalkan potensi SDM dan SDA masyarakat itu sendiri sehingga masyarakat jauh dari kata ketergantungan terhadap peneliti. Mahasiswa STAINU Madiun dalam KPM, yang pada tahun akademik 2016-2017 ini mengambil lokasi di Desa Sumbersari Kecamatan Saradan Kabupaten Madiun, diharapkan mampu bertindak sebagai peneliti sekaligus motor penggerak bagi masyarakat. Teori-teori yang didapatkan oleh mahasiswa di kampus STAINU Madiun baik selama menerima mata kuliah seperti biasanya begitujuga ketika nanti menerima pembekalan dan workshop metodologi PAR diharapkan mampu menjembatani Visi, Misi strategis STAINU Madiun dalam upaya dan komitmennya untuk berguna dan memberi arti bagi masyarakat.        

 

 

Prodi Hukum Ekonomi Syariah (HES)

Visi Program Studi HES: Unggul dalam penyelenggaraan pendidikan dan pengajaran, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat dalam rangka menghasilkan Sarjana Hukum Ekonomi Syariah yang memiliki kekokohan akidah, kedalaman spiritual, keluasan ilmu dan kematangan profesional. Misi Program Studi HES: Mengantarkan mahasiswa memiliki kemantapan akidah, kedalaman spiritual, keluasan ilmu dan kematangan profesional. Menyelenggarakan…

Prodi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)

Visi Keilmuan Program Studi PIAUD Pada tahun 2030 menjadi Program Studi yang kompetitif dalam mencetak tenaga pendidik Raudhatul Athfal yang unggul di bidang strategi pembelajaran anak usia dini yang bercirikan Ahlussunnah wal jamaah Tujuan Program Studi PIAUD Terlaksananya pendidikan dan pengajaran dengan muatan kurikulum yang berorientasi pada materi strategi pembelajaran…
Prodi Hukum Ekonomi Syariah (HES)

Prodi Hukum Ekonomi Syariah (HES)

Visi Program Studi HES:

Unggul dalam penyelenggaraan pendidikan dan pengajaran, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat dalam rangka menghasilkan Sarjana Hukum Ekonomi Syariah yang memiliki kekokohan akidah, kedalaman spiritual, keluasan ilmu dan kematangan profesional.

Misi Program Studi HES:

  • Mengantarkan mahasiswa memiliki kemantapan akidah, kedalaman spiritual, keluasan ilmu dan kematangan profesional.
  • Menyelenggarakan program pendidikan yang unggul dalam ranah ilmu hukum ekonomi syariah yang dapat mengembangkan keterampilan dan profesi di bidang hukum dan ekonomi syariah
  • Menyelenggarakan penelitian dan kajian keilmuan syariah, khususnya bidang hukum ekonomi yang berkembang di masyarakat.
  • Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat dalam ranah hukum ekonomi syariah berdasarkan hasil pembelajaran dan penelitian yang dikembangkan.

Prodi Hukum Ekonomi Syariah (HES)

Prodi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)

Visi Keilmuan Program Studi PIAUD

Pada tahun 2030 menjadi Program Studi yang kompetitif dalam mencetak tenaga pendidik Raudhatul Athfal yang unggul di bidang strategi pembelajaran anak usia dini yang bercirikan Ahlussunnah wal jamaah

Tujuan Program Studi PIAUD

  • Terlaksananya pendidikan dan pengajaran dengan muatan kurikulum yang berorientasi pada materi strategi pembelajaran anak usia dini yang bercirikan ahlussunah wal jamaah.
  • Terlaksananya penelitian dengan tema utama strategi pembelajaran anak usia dini yang bercirikan ahlussunah wal jamaah.
  • Terlaksananya pengabdian masyarakat untuk penguatan strategi pembelajaran anak usia dini yang bercirikan ahlussunah wal jamaah.
  • Terjalinnya kerjasama dengan lembaga lain baik dalam maupun luar negeri untuk mengembangkan strategi pembelajaran anak usia dini yang bercirikan ahlussunah wal jamaah.

Strategi Pencapaian Tujuan Program Studi PIAUD

Strategi pencapaian yang dilakukan untuk mencapai visi sebagaimana dituangkan dalam RIP, Renstra, Renop Prodi PIAUD, yaitu dengan melaksanakan tridharma perguruan tinggi yang meliputi pendidikan dan pengajaran, penelitian, pengabdian masyarakat dan juga kerjasama serta pengembangan lembaga.

Sasaran Strategi Target Pencapaian

  • Bidang Pendidikan dan Pengajaran
    • Penyusunan kurikulum berbasis KKNI dengan Pembentukan konsorsium permata kuliah yang dikoordinir oleh Kaprodi PIAUD
    • Mendorong Pengembangan karir akademik Dosen dengan Memepercepat proses Kenaikan pangkat, SKP, Dosen tersertifikasi.
    • Memperkuat E-Resources sumber dan bahan Strategi Pembelajaran AUD melalui  kerjasama dengan penyedia layanan dan programmer.
    • Menertibkan administrasi kemahasiswaan secara online terutama yang berhubungan dengan pengembangan kemampuan akademik mahasiswa melalui penyediaan SIAKAD dan aplikasi online administrasi akademik
  • Bidang Penelitian
    • Penguatan kommpetensi keilmuan dan riset mahasiswa dengan tema teknologi dan strategi pembelajaran Anak usia dini dengan:
      • melibatkan mahasiswa dalam berbagai program penelitian yang berhubungan dengan Strategi Pembelajaran AUD yang dilaksanakan oleh dosen STAINU Madiun.
      • Menugaskan mahasiswa untuk melaksanakan praktik mengajar dan sekaligus melakukan mini riset mengenai problem strategi pembelajaran AUD di Taman Kanak-kanak atau Kelompok Belajar di daerah madiun dan sekitarnya
    • Penguatan kaulifikasi penelitian Dosen:    
      • Mendelegasikan dosen dalam berbagai workshop metodologi penelitian.
      • Menyelenggarakan Forum Ilmiah Dosen (FID) untuk memancing kompetisi penelitian dosen.
      • Mendorong Dosen untuk aktif dalam kompetisi penelitian regional dan nasional.
  • Bidang Pengabdian Masyarakat
    • Upgrading strategi pembelajaran AUD :
      • Melakukan pembinaan terhadap lembaga pendidikan pra-sekolah di wilayah Madiun mengenai strategi pembelajaran AUD
      • Melakukan pembinaan teknologi dan strategi pembelajaran anak usia dini dengan cara menginisiasi terwujudnya wadah guru Raudhatul Athfal di kabupaten Madiun.
  • Bidang Kerjasama
    • Terjalinnya kerjasama dan jaringan yang kuat dengan Kopertais wilayah IV Surabaya dengan  aktif dalam konsorsium dan asosiasi prodi PIAUD di Wilayah Kopertais IV Surabaya:
    • Melebarkan sayap kerjasama dan jaringan baik dalam hal pendidikan, penelitian maupun pengabdian masyarakat:
      • Bekerjasama dengan P3M IAIN Ponorogo dalam hal pendampingan dan penguatan metodologi penelitian berbasis PAR.
      • Bekerjasama dengan Anggota Dewan Pendidikan Kab. Madiun sebagai stake holder dan badan pertimbangan penyusunan kurikulum PIAUD
    • Terjalinnya kerjasama dengan lembaga pemerintah baik daerah atau provinsi, atau lembaga swasta professional:
      • Bekerjasama dengan lembaga-lembaga pra-sekolah di wilayah Madiun dalam rangka magang dan praktik mengajar mahasiswa PIAUD STAINU Madiun.
      • Mengupayakan kerjasama dan membentuk jaringan Prodi PIAUD di regional karesidenan Madiun.