
Program Studi Ekonomi Syariah (ES) STAINU Madiun hadir untuk mencetak sarjana ekonomi yang profesional, berintegritas, dan menguasai prinsip-prinsip syariah dalam konteks bisnis dan keuangan modern. Kurikulum kami memadukan ilmu ekonomi konvensional dengan nilai-nilai Islam, termasuk fiqh muamalah, manajemen syariah, perbankan syariah, dan kewirausahaan Islami. Tujuan utamanya adalah menghasilkan akademisi dan praktisi yang mampu berkontribusi dalam pengembangan sistem ekonomi yang adil, merata, dan bebas dari praktik ribawi, sejalan dengan tuntutan perkembangan industri keuangan syariah global.
Lulusan Prodi Ekonomi Syariah STAINU Madiun dipersiapkan untuk menempati berbagai posisi strategis, seperti analis keuangan syariah, manajer bank syariah, konsultan bisnis Islami, hingga menjadi auditor lembaga zakat dan wakaf. Kami menekankan pada penguatan kemampuan analitis, pengambilan keputusan yang etis, serta penguasaan teknologi digital untuk mendukung inovasi bisnis. Dengan semangat Nahdlatul Ulama, Prodi ES berkomitmen menghasilkan lulusan yang tidak hanya cerdas secara intelektual, tetapi juga memiliki karakter wirausaha yang kuat dan dedikasi tinggi terhadap kemaslahatan umat.
Kaprodi Ekonomi Syariah
| Program Studi | : | S1 – Ekonomi Syariah |
| Kode Prodi | : | 60202 |
| Jurusan | : | Syariah |
| Perguruan Tinggi | : | Sekolah Tinggi Agama Islam Nahdlatul Ulama (STAINU) Madiun |
| SK Pendirian | : | No. 593 Tahun 2012 |
| Tgl. Penyelenggaraan | : | 24 Mei 2012 |
| SK Akreditasi | : | LAMEMBA No. 733/SK/LAMDIK/Ak/S/VI/2024 |
| Nilai Akreditasi | : | Baik |
VISI – MISI
Visi
Menjadi Program Studi Ekonomi Syariah berbasis cyber dalam pengembangan nilai dan tradisi keaswajaan pada tahun 2027
Tujuan
- Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran dengan penekanan pada pada kurikulum manajemen bisnis syariah dan kewirausahaan yang berlandaskan Ahlussunnah wal Jamaah.
- Melaksanakan penelitian yang relevan dan aktual dengan menitikberatkan pada tema-tema manajemen bisnis syariah dan kewirausahaan yang berlandaskan Ahlussunnah wal Jamaah.
- Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat yang loyal berbasis pada bidang manajemen bisnis syariah dan kewirausahaan yang berlandaskan Ahlussunnah wal Jamaah.
- Menjalin kerjasama yang produktif dengan lembaga-lembaga pemerintah dan non pemerintah baik dalam maupun luar negeri dalam bidang manajemen bisnis syariah dan kewirausahaan yang berlandaskan Ahlussunnah wal Jamaah.
KURIKULUM
Sebaran Mata Kuliah Prodi Ekonomi Syariah
| Semester | Kode MK | Nama Matakuliah | SKS |
| 1 | E. ES. 1.1.04 | STUDI FIKIH | 2 |
| E. MKSK. 1.1.03 | ILMU TAUHID | 2 | |
| E.MKSK.1.1.01 | STUDI AL-QURAN | 3 | |
| E.MKSK.1.1.02 | STUDI HADIST | 3 | |
| E.MKSK.1.1.06 | BAHASA ARAB | 3 | |
| E.MKSK.1.1.07 | PANCASILA | 2 | |
| E.MKSK.1.1.08 | BAHASA INDONESIA | 3 | |
| E.MKSK.1.1.09 | BAHASA INGGRIS | 3 | |
| E.STN.1.1.11 | KE-NU-AN | 2 | |
| 2 | E.ES.2.1.05 | SEJARAH PERADABAN ISLAM | 2 |
| E.ES.2.2.14 | HADITS EKONOMI | 3 | |
| E.ES.2.2.15 | PENGANTAR BISNIS ISLAM | 3 | |
| E.ES.2.2.16 | TAFSIR EKONOMI | 3 | |
| E.ES.2.2.17 | ETIKA BISNIS ISLAM | 3 | |
| E.ES.2.3.35 | PENULISAN KARYA TULIS ILMIAH | 3 | |
| E.ES.2.3.40 | DASAR-DASAR EKONOMI ISLAM | 2 | |
| E.MKSK.2.1.10 | PENGANTAR STUDI ISLAM | 2 | |
| E.MKSK.2.1.12 | KEWARGANEGARAAN | 2 | |
| 3 | E.ES.3.2.13 | AKUNTANSI SYARIAH | 3 |
| E.ES.3.2.18 | PENGANTAR MANAJEMEN | 3 | |
| E.ES.3.2.19 | KEWIRAUSAHAAN | 3 | |
| E.ES.3.2.20 | MANAJEMEN RESIKO | 3 | |
| E.ES.3.2.21 | STUDI KELAYAKAN BISNIS | 3 | |
| E.ES.3.3.42 | USHUL FIKIH DAN KAIDAH | 3 | |
| E.ES.3.3.44 | FIKIH MUAMALAH | 3 | |
| 4 | E.ES.4.2.22 | KOMUNIKASI BISNIS | 3 |
| E.ES.4.2.23 | PRAKTIKUM KEWIRAUSAHAAN | 4 | |
| E.ES.4.3.36 | PEMIKIRAN ILMU EKONOMI SYARIAH | 3 | |
| E.ES.4.3.38 | LEMBAGA KEUANGAN SYARIAH | 3 | |
| E.ES.4.3.41 | FIKIH MUAMALAH KONTEMPORER | 3 | |
| E.ES.4.3.43 | TEORI EKONOMI ISLAM | 3 | |
| E.ES.4.4.48 | LEADERSHIP | 2 | |
| 5 | E.ES.5.2.24 | MANAJEMEN SDM | 3 |
| E.ES.5.2.25 | MANAJEMEN KONFLIK DAN STRATEGIK | 2 | |
| E.ES.5.2.26 | MANAJEMEN PEMASARAN | 2 | |
| E.ES.5.2.33 | STATISTIK EKONOMI DAN BISNIS | 3 | |
| E.ES.5.4.52 | DIGITAL MARKETING* | 2 | |
| E.MKSK.5.2.37 | MANAJEMEN LEMBAGA EKONOMI SYARIAH | 3 | |
| 6 | E.ES.6.2.28 | MANAJEMEN KEUANGAN | 3 |
| E.ES.6.2.30 | ANALISA LAPORAN KEUANGAN | 3 | |
| E.ES.6.2.31 | MANAJEMEN PRODUKSI | 3 | |
| E.ES.6.3.34 | ZISWAF | 3 | |
| E.ES.6.3.45 | METODOLOGI PENELITIAN | 3 | |
| E.ES.6.3.46 | SOSIOLOGI EKONOMI | 3 | |
| ES.ES.6.4.49 | PUBLIC RELATION* | 2 | |
| 7 | E.ES.7.2.27 | KPM | 4 |
| E.ES.7.2.32 | PRAKTIKUM LKS | 4 | |
| E.ES.7.3.39 | HUKUM BISNIS SYARIAH | 3 | |
| E.ES.7.4.47 | PERLINDUNGAN KONSUMEN* | 2 | |
| E.ES.7.4.50 | ONLINE BUSINESS* | 2 | |
| E.ES.7.4.51 | AGRO BISNIS* | 2 | |
| E.ES.7.4.53 | SEMINAR PROPOSAL SKRIPSI | 2 | |
| 8 | E.MKSK.8.2.29 | SKRIPSI | 6 |