RANGKAIAN KEGIATAN WORKSHOP IMPLEMENTASI KKNI OLEH DOSEN-DOSEN STAINU MADIUN

Dalam rangka mensukseskan program implementasi kurikulum KKNI untuk Perguruan Tinggi di Indonesia, STAINU Madiun secara aktif berpartisipasi penuh dalam berbagai workshop dan asosiasi kurikulum KKNI di wilayah Kopertais IV Surabaya. Rangkaian roadshow workshop KKNI di wilayah Kopertais IV Surabaya dimulai dengan workshop asosiasi KKNI Prodi Ekonomi Syari’ah (FORSES) yang berlangsung di Universitas Muhammadiyah Malang. Ririn Tri Puspita Ningrum, M.S.I selaku Plt. Sekretaris Jurusan Syari’ah STAINU Madiun yang juga sekaligus menjabat sebagai bendahara FORSES hadir sebagai peserta aktif dalam workshop tersebut. Workshop yang berlangsung selama 2 hari di UMM Malang tersebut membahas dengan detil struktur KKNI dan Capaian Pembelajarannya sekaligus penyebaran mata kuliah dan karakteristik mata kuliah di masing-masing lembaga.

ES

Foto 1. FORSES

Workshop kurikulum KKNI Prodi Ekonomi Syari’ah di UMM Malang secara estafet diteruskan dengan konsorsium prodi PGRA (FORDIRA) di UNISMA Malang. Arif Shaifudin, M.Pd.I selaku staff prodi PGRA STAINU Madiun juga hadir sebagai peserta aktif dalam workshop tersebut. Acara yang berlangsung selama 2 hari tersebut juga membahas dan memfinalisasi KKNI untuk prodi PGRA di wilayah Kopertais IV Surabaya.

PGRA

Foto 2. FPS PGRA

Rangkaian workshop KKNI asosiasi prodi PTKIS Kopertais IV Surabaya dilanjutkan ke wilayah Pacet Mojokerto.  Kali ini Asosiasi Prodi PBA (FPS PBA) yang melangsungkan finalisasi kurikulum KKNI nya. Diwakili oleh Moh. Busro, M.Pd.I selaku Staff prodi PBA yang menghadiri acara di Institut Keislaman H. Abdul Chalim Pacet Mojokerto selama satu hari penuh.

PBA

Foto 3. FPS PBA

Setelah prodi (FPS PBA) dilanjutkan dengan workshop KKNI asosiasi prodi Muamalah (Hukum Ekonomi Syari’ah). Workshop yang berlangsung selama satu hari pada tanggal 23 Agustus 2016 tersebut mengambil tempat di Institut Keislama Abdullah Faqih (INKAFA) Gresik. Perwakilan STAINU Madiun atas nama Agus Toni, MA selaku staff prodi Muamalah (Hukum Ekonomi Syari’ah) secara aktif dan partisipatif mengikuti workshop tersebut.

HES

Foto 4.  HES

Berbagai rangkain workshop dan asosisasi prodi di wilayah Kopertais IV Surabaya tersebut diikuti secara partisipatif dan aktif oleh STAINU Madiun dalam rangka merealisasikan komitment STAINU Madiun untuk mendorong dan mendukung penuh berlangsungnya kurikulum KKNI di wilayah Kopertais IV Surabaya khususnya dan di keseluruhan Indonesia pada umumnya. Lebih terkhusus lagi partisipasi aktif STAINU Madiun dalam rangkaian estafet workshop kurikulum KKNI di wilayah kerja Kopertasi IV Surabaya adalah sebagai bentuk upgrading kurikulum di wilayah STAINU Madiun menjadi kurikulum KKNI. Hal ini adalah salah satu bentuk upaya yang dilakukan oleh STAINU Madiun untuk meningkatkan kualitas dan senantiasa mengikuti setiap pembaruan dan reformasi akademik dalam bidang peningkatan mutu kelembagaan kurikulum dan pendidikan secara keseluruhan.

Leave a Reply